Microsoft word dan Excel

Perbedaan Microsoft word dan Excel


++++++++++++++++++++++++++++++++++


                       Microsoft Word

Ms. Word merupakan aplikasi pengolah kata yang di keluarkan oleh Microsoft corporation

•Ms word biasanya telah terpaket dengan program lain dalam aplikasi Microsoft office.

Ms. Office tampil dalam banyak versi antara lain office 95, office 97, office 2000, office XP, dan office 2007.


Kelebihan ms word adalah :

~Mudah digunakan (user friendly)

~Fitur lengkap sesuai kebutuhan

~Mampu membuat berbagai jenis dokumen antara lain surat, buku, publikasi dan gambar sederhana.

Kekurangannya adalah :

~Satu software harus diinstal untuk satu computer dengan membayar lisensi yang mahal.

https://youtu.be/ErIER6-yFy0?si=W6u6mhkeprHRNyGL

______________________________________________

          Microsoft Excel


•MS. Excel adalah pengolah angka buatan Microsoft Corporation. Dalam penjualannya biasanya excel telah dipaket dalam satu kemasan MS. Office yang biasanya disertai MS. Word, MS. Powerpoint, MS. Access, MS. Front Page, dan MS. Publisher.

Kelebihan Excel adalah tampilannya user friendly, disertai menu-menu standar dan fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk pengolahan angka.

Kelemahan Excel adalah harus membayar lisensi yang relative mahal, karena program ini bersifat shareware.

Tampilan MS. Excel adalah sebagai berikut :

PBaris Judul (title bar)

https://youtu.be/f0aM8mzXUTQ?si=CI5lTAlNZDWP55qM

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Microsoft word 

Microsoft word adalah perangkat lunak atau aplikasi pengolah kata yang diluncurkan sebagai produk untuk meningkatkan pasar Microsoft dalam bisnis paket perangkat lunak produktivitas kantor. 

Dengan Microsoft Word kita bisa melakukan berbagai kegiatan dalam hal tulis-menulis. Beberapa manfaat dan juga kegunaan Microsoft Word, sebagai berikut: 

 Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya. Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk ceritaMengoreksi kata Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan. 

 
Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat. Membuka dan membuat berbagai format dokumen Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format . Docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps. 

Fungsi² Microsoft Word 
  • Membuat Dokumen Teks, Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya. 
Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk cerita. 
  • Membuka serta Membuat Berbagai Format Dokumen, Membuka dan membuat berbagai format dokumen, Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format .docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps. 
  • Mengoreksi kata, Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan. 
Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat. 

______________________________________________

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel (Microsoft Office Exel) memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya.

Menu File Microsoft Exel

1) New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru

2) Open: Jadi Perintah ini untuk membuka dokumen

3) Close: Perintah untuk menutup jendela workbook

4) Save : Perintah untuk menyimpan data

5) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman

6)Save Workspace :Jadi Perintah ini untuk menyimpan sebagai file workspace

7) File Search : Perintah untuk mencari file workbook

8) Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum
 memiliki nama

9) Permission :Jadi Perintah ini untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut

10) Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak

11) Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web

12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak

13) Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak

14) Print : Perintah untuk mencetak data

15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file

16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif

17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

 MENU EDIT

1) Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir

2) Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo

3) Cut : Perintah untuk memotong naskah

4) Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah

5) Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard

6) Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy

7) Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut

8) Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink

9) Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja

10) Clear : Perintah untuk menghapus data

11) Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data

12) Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet

13) Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja

14) Find : Perintah untuk mencari data


15) Replace : Perintah untuk mengganti data

16) Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain

Menu View

1) Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal

2) Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja

3) Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah

4) Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar

5) Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus

6) Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar

7) Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer

8) Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja

9) Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook

10) Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh

11) Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja

Kelebihan Microsoft Exel

1.Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

2.Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.

3.Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

4.Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan Microsoft Exel

Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis. Jadi aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU). Sehingga Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Fungsi Menu dan Ikon pada Program Microsoft Exel
Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain :

Menu File Microsoft Exel

New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru

Open: Jadi Perintah ini untuk membuka dokumen

Close: Perintah untuk menutup jendela workbook

Save : Perintah untuk menyimpan data

Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman

Save Workspace :Jadi Perintah ini untuk menyimpan sebagai file workspace

File Search : Perintah untuk mencari file workbook

Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama.

Permission :Jadi Perintah ini untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.

Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.

Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web.

Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.

Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.

Print : Perintah untuk mencetak data

Send To : Perintah untuk mengirimkan file

Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif.

Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

2. MENU EDIT

Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir

Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo

Cut : Perintah untuk memotong naskah

Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah

Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard

Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy

Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut
Paste as Hyperlink : Perintah untuk.

 membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja.

Clear : Perintah untuk menghapus data

Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data.

Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet

Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja

Find : Perintah untuk mencari data

Replace : Perintah untuk mengganti data

Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain

Menu View

Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal

Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja

Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah

Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar

Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris
 rumus

Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar

Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer

Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja

Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook

Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh

Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
  Menu Insert

 Cell : Perintah untuk menyisipkan sel

Rows : Perintah untuk menambah beris sel

Columns : Perintah untuk menambah kolom

Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
Chart : Perintah untuk membuat grafik


Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol

Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong

Function : c15;№²Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika

Name : Perintah untuk memberi nama range data

Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja

Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar

Diagram : Perintah untuk membuat diagram

Object : Perintah untuk memasukkan gambar

Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file

Menu Format

Cell : Perintah untuk membuat format sel

Low : Perintah untuk mengatur tinggi baris

Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom

Sheet : Perintah untuk memformat sheet

Auto Format : Perintah untuk membuat format table

Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel

Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja

Menu Tools

Spelling : Perintah untuk memeriksa data

Research : Perintah untuk mencari file

Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan

Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain

Compare & Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook

Protection : Perintah untuk mengamankan data
Online Colaboration : Perintah untuk menyusun
 pertemuan beserta penjadwalannya

Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus

Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel

Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus
dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus

Makro : Perintah untuk menjalankan program makro

Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins

Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret

Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars

Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi
Menu data

Short :Jadi Perintah ini untuk mengurutksn data

Filter : Jadi Perintah ini memfilter data

Form : Jadi Perintah ini menambah atau mengurangi data

Subtotal :Jadi Perintah ini untuk menghitung sub total

Validation :Jadi Perintah ini untuk membatasi jenis data yang dimasukkan

Table :Jadi Perintah ini untuk membuat table

Text to Columns : Jadi Perintah ini untuk membuat naskah text menjadi berkolom

Consolidate Jadi Perintah ini mengkonsolidasi data
Group and Outline :Jadi Perintah ini menggabungkan data

Pivot Tabel & Chart Report :Jadi Perintah ini membuat table dan grafik pivot

Import External Data :Jadi Perintah ini mengimpor data luar

Refresh Data :Jadi Perintah ini untuk menyegarkan kembali data dari luar

Menu Window

New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit

Arrange : Perintah untuk mengatur jendela

Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden

Split : Perintah untuk membagi lembar kerja

Freeze Panes : Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat

Menu Help

Microsoft Excel Help : Perintah untuk menampilkan office assistant

Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih

Microsoft Excel Online : Perintah untuk online

Contact Us : Perintah untuk bantuan pada Microsoft

Check for Updates : Perintah untuk mengupdate

Detect and Repair : Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel

 Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dan pengolahan data, sehingga Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Kelebihan Microsoft Exel
1.Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

2.Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.

3.Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

4.Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Terimakasih.  Wassalamu'alaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi makanan diet