Perbedaan Microsoft word dan Excel
++++++++++++++++++++++++++++++++++
Microsoft Word
•Ms. Word merupakan aplikasi pengolah kata yang di keluarkan oleh Microsoft corporation
•Ms word biasanya telah terpaket dengan program lain dalam aplikasi Microsoft office.
•Ms. Office tampil dalam banyak versi antara lain office 95, office 97, office 2000, office XP, dan office 2007.
Kelebihan ms word adalah :
~Mudah digunakan (user friendly)
~Fitur lengkap sesuai kebutuhan
~Mampu membuat berbagai jenis dokumen antara lain surat, buku, publikasi dan gambar sederhana.
Kekurangannya adalah :
~Satu software harus diinstal untuk satu computer dengan membayar lisensi yang mahal.
https://youtu.be/ErIER6-yFy0?si=W6u6mhkeprHRNyGL
______________________________________________
Microsoft Excel
•MS. Excel adalah pengolah angka buatan Microsoft Corporation. Dalam penjualannya biasanya excel telah dipaket dalam satu kemasan MS. Office yang biasanya disertai MS. Word, MS. Powerpoint, MS. Access, MS. Front Page, dan MS. Publisher.
•Kelebihan Excel adalah tampilannya user friendly, disertai menu-menu standar dan fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk pengolahan angka.
•Kelemahan Excel adalah harus membayar lisensi yang relative mahal, karena program ini bersifat shareware.
•Tampilan MS. Excel adalah sebagai berikut :
PBaris Judul (title bar)
https://youtu.be/f0aM8mzXUTQ?si=CI5lTAlNZDWP55qM
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Microsoft word
Microsoft word adalah perangkat lunak atau aplikasi pengolah kata yang diluncurkan sebagai produk untuk meningkatkan pasar Microsoft dalam bisnis paket perangkat lunak produktivitas kantor.
Dengan Microsoft Word kita bisa melakukan berbagai kegiatan dalam hal tulis-menulis. Beberapa manfaat dan juga kegunaan Microsoft Word, sebagai berikut:
Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya. Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk cerita. Mengoreksi kata Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan.
Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat. Membuka dan membuat berbagai format dokumen Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format . Docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps.
Fungsi² Microsoft Word
- Membuat Dokumen Teks, Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya.
Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk cerita.
- Membuka serta Membuat Berbagai Format Dokumen, Membuka dan membuat berbagai format dokumen, Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format .docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps.
- Mengoreksi kata, Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan.
Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat.
______________________________________________
Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel (Microsoft Office Exel) memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya.
Menu File Microsoft Exel
1) New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2) Open: Jadi Perintah ini untuk membuka dokumen
3) Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
4) Save : Perintah untuk menyimpan data
5) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
6)Save Workspace :Jadi Perintah ini untuk menyimpan sebagai file workspace
7) File Search : Perintah untuk mencari file workbook
8) Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum
memiliki nama
9) Permission :Jadi Perintah ini untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10) Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11) Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13) Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14) Print : Perintah untuk mencetak data
15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel
MENU EDIT
1) Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2) Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3) Cut : Perintah untuk memotong naskah
4) Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5) Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6) Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
7) Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut
8) Paste as Hyperlink : Perintah untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
9) Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja
10) Clear : Perintah untuk menghapus data
11) Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data
12) Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet
13) Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
14) Find : Perintah untuk mencari data
15) Replace : Perintah untuk mengganti data
16) Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
Menu View
1) Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2) Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
3) Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4) Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
5) Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
6) Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
7) Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
8) Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
9) Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10) Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11) Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
Kelebihan Microsoft Exel
1.Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
2.Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
3.Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
4.Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Kekurangan Microsoft Exel
Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis. Jadi aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU). Sehingga Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Fungsi Menu dan Ikon pada Program Microsoft Exel
Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain :
Menu File Microsoft Exel
New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru
Open: Jadi Perintah ini untuk membuka dokumen
Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
Save : Perintah untuk menyimpan data
Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
Save Workspace :Jadi Perintah ini untuk menyimpan sebagai file workspace
File Search : Perintah untuk mencari file workbook
Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama.
Permission :Jadi Perintah ini untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.
Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web.
Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
Print : Perintah untuk mencetak data
Send To : Perintah untuk mengirimkan file
Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif.
Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel
2. MENU EDIT
Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
Cut : Perintah untuk memotong naskah
Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
Paste : Perintah untuk pasangan Cut dan Copy
Spesial : untuk membantu perintah Copy dan Cut
Paste as Hyperlink : Perintah untuk.
membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink
Fill : Perintah untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja.
Clear : Perintah untuk menghapus data
Delete : Perintah untuk menghapus dan memindahkan data.
Delete Sheet : Perintah untuk menghapus sheet
Move or Copy Sheet : Perintah untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja
Find : Perintah untuk mencari data
Replace : Perintah untuk mengganti data
Go To : Perintah untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain
Menu View
Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris
rumus
Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
Menu Insert
Cell : Perintah untuk menyisipkan sel
Rows : Perintah untuk menambah beris sel
Columns : Perintah untuk menambah kolom
Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
Chart : Perintah untuk membuat grafik
Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol
Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
Function : c15;№²Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
Name : Perintah untuk memberi nama range data
Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar
Diagram : Perintah untuk membuat diagram
Object : Perintah untuk memasukkan gambar
Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file
Menu Format
Cell : Perintah untuk membuat format sel
Low : Perintah untuk mengatur tinggi baris
Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom
Sheet : Perintah untuk memformat sheet
Auto Format : Perintah untuk membuat format table
Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel
Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja
Menu Tools
Spelling : Perintah untuk memeriksa data
Research : Perintah untuk mencari file
Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan
Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain
Compare & Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook
Protection : Perintah untuk mengamankan data
Online Colaboration : Perintah untuk menyusun
pertemuan beserta penjadwalannya
Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus
Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus
dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
Makro : Perintah untuk menjalankan program makro
Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret
Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars
Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi
Menu data
Short :Jadi Perintah ini untuk mengurutksn data
Filter : Jadi Perintah ini memfilter data
Form : Jadi Perintah ini menambah atau mengurangi data
Subtotal :Jadi Perintah ini untuk menghitung sub total
Validation :Jadi Perintah ini untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
Table :Jadi Perintah ini untuk membuat table
Text to Columns : Jadi Perintah ini untuk membuat naskah text menjadi berkolom
Consolidate Jadi Perintah ini mengkonsolidasi data
Group and Outline :Jadi Perintah ini menggabungkan data
Pivot Tabel & Chart Report :Jadi Perintah ini membuat table dan grafik pivot
Import External Data :Jadi Perintah ini mengimpor data luar
Refresh Data :Jadi Perintah ini untuk menyegarkan kembali data dari luar
Menu Window
New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
Arrange : Perintah untuk mengatur jendela
Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
Split : Perintah untuk membagi lembar kerja
Freeze Panes : Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
Menu Help
Microsoft Excel Help : Perintah untuk menampilkan office assistant
Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
Microsoft Excel Online : Perintah untuk online
Contact Us : Perintah untuk bantuan pada Microsoft
Check for Updates : Perintah untuk mengupdate
Detect and Repair : Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dan pengolahan data, sehingga Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.
Kelebihan Microsoft Exel
1.Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
2.Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
3.Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
4.Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Terimakasih. Wassalamu'alaikum wr.wb
Komentar
Posting Komentar