Perbedaan software dan hardware

 

Hardware terdiri dari komponen fisik komputer, yaitu segala sesuatu yang bisa Anda sentuh. hardware membuat komputer bekerja. Unit pemrosesan pusat (CPU) memproses informasi yang dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan. Kartu suara mengirimkan suara ke speaker dan kartu grafis mengirimkan gambar ke monitor.

Hardware terdiri atas empat bagian :

•Input: Ini ialah bagian dari hardware yang dipakai untuk memasukkan data. Misalnya keyboard, pemindai, pembaca kode batang.

•Penyimpanan: Menyimpan informasi, program, dan data. Ini juga disebut RAM (Random Access Memory).

•Prosesor: adalah otak elektronik komputer. Prosesor menganalisis, menguji, memodifikasi, serta mengeksekusi instruksi software komputer.

•Output: perangkat yang menampilkan hasil. Misalnya, kita melihat gambar di monitor, suara keluar dari pengeras suara dan teks tertentu di atas kertas melalui printer.

Software ialah kode yang menentukan instruksi dan akan diikuti komputer. Ini berisi program serta sistem operasi yang tidak dapat disentuh. Komputer dapat berfungsi tanpa software yang diinstal. Namun, tanpa sistem operasi, kemungkinan besar akan terjadi kesalahan atau tidak ada informasi yang ditampilkan.

Ada berbagai jenis software , yang dapat dibedakan menurut fungsinya:

•BIOS: Basic Input/Output System atau BIOS ialah software pengaktifan komputer.

•Sistem operasi: Sistem operasi mengontrol bagian fisik setelah dinyalakan. Contoh sistem operasi ialah Microsoft Windows, Mac OS X serta Linux untuk PC, iOS maupun Android untuk tablet serta smartphone.

•Aplikasi: Aplikasi ialah software yang dirancang agar melakukan tugas tertentu. Misalnya, Photoshop adalah aplikasi pengeditan gambar; Google Chrome adalah aplikasi untuk menjelajah Internet. Menginstal program atau aplikasi di komputer akan memperluas fungsi yang tersedia. Misalnya, pengolah kata tidak diperlukan untuk bekerja dengan komputer, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk membuat dokumen.

~software komunikasi: software ini mengontrol proses komunikasi antar komputer. Contoh: Email, Skype.

~Software Tertanam: Ini adalah kode operasi perangkat elektronik. Contoh: software untuk televisi, oven microwave, video game.


Perbedaan software dan hardware

~Hardware dapat dilihat dan disentuh, software tidak dapat 

~Software diperlukan untuk mengelola perangkat keras

~Software adalah program yang berjalan pada hardware

~Hardware memiliki daya tahan, software tidak





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi makanan diet